Ketika Datang Petunjuk Allah Dan Diikuti

SHARE:

Allah tidak “membekalkan” petunjuk-Nya dari sejak awal keberadaan manusia di bumi. Manusia dilepas dengan membawa sifat dasar yang c...

ketika-datang-petunjuk-allah-dan-diikuti

Allah tidak “membekalkan” petunjuk-Nya dari sejak awal keberadaan manusia di bumi. Manusia dilepas dengan membawa sifat dasar yang cenderung selalu berselisih dan bermusuhan, yang pada gilirannya akan mendorong mereka sendiri ke dalam bencana yang sebenarnya sangat tidak mereka inginkan.

Kemudian karena rahmat dan kasih sayang Allah, pada saat yang Allah tentukan, Allah mendatangkan petunjuk kepada manusia, dan mereka yang mengikuti petunjuk tersebut akan terbimbing ke dalam kehidupan bersaudara yang penuh kasih sayang. Dan Kehidupan semacam itulah yang akan memberi akses bagi mereka terhadap segala petunjuk dan bimbingan Allah yang akan mengantarkan mereka kepada keselamatan dan kebahagiaan abadi yang selalu mereka dambakan.

قَالَ ٱهۡبِطَا مِنۡهَا جَمِيعَۢا‌ۖ بَعۡضُكُمۡ لِبَعۡضٍ عَدُوٌّ۬‌ۖ فَإِمَّا يَأۡتِيَنَّڪُم مِّنِّى هُدً۬ى فَمَنِ ٱتَّبَعَ هُدَاىَ فَلَا يَضِلُّ وَلَا يَشۡقَىٰ

"Allah berkata: “Turunlah kalian berdua darinya, sebagian kamu akan menjadi musuh bagi sebagian yang lain. Maka jika datang kepadamu petunjuk dari-Ku, lalu barangsiapa yang memngikuti petunjuk-Ku itu, ia tidak akan tersesat dan tidak akan celaka". (Thoha : 123)

وَلَوۡ شَآءَ رَبُّكَ لَجَعَلَ ٱلنَّاسَ أُمَّةً۬ وَٲحِدَةً۬‌ۖ وَلَا يَزَالُونَ مُخۡتَلِفِينَ (١١٨) إِلَّا مَن رَّحِمَ رَبُّكَ‌ۚ وَلِذَٲلِكَ خَلَقَهُمۡ‌ۗ وَتَمَّتۡ كَلِمَةُ رَبِّكَ لَأَمۡلَأَنَّ جَهَنَّمَ مِنَ ٱلۡجِنَّةِ وَٱلنَّاسِ أَجۡمَعِينَ

"Kalau saja Rabbmu menghendaki, pastilah Dia jadikan manusia ummat yang satu. Namun mereka selalu saja berselisih, kecuali orang-orang yang diberi rahmat oleh Rabbmu..." (Hud : 118-119)

Atas rahmat dan petunjuk Allah inilah muncul sekelompok Mukminin yang selalu mengingat Allah serta sadar benar akan posisi dan status dirinya sebagai hamba Allah, yang hanya boleh melakukan apa yang diizinkan-Nya, dan mengabdikan seluruh potensi dirinya (yang merupakan karunia Allah itu) hanya untuk melaksanakan amanah dan titah-Nya, mewujudkan segala yang menjadi haq-Nya, meninggikan keagungan Asma-Nya. Dia Allah satu-satunya, tidak diseketui atau ditandingi oleh apapun atau siapapun.

Sesuai dengan qadar yang telah ditetapkannya, sekelompok Mukminin tersebut diatas muncul dan eksis sebagai sebuah institusi yang merupakan bagian dari Mulkillah dengan suatu sistem kepemimpinan yang sah, jelas dan mandiri yang betul-betul menggelar Urusan Allah dan hanya Urusan Allah.

وَجَعَلۡنَا مِنۡہُمۡ أَٮِٕمَّةً۬ يَہۡدُونَ بِأَمۡرِنَا لَمَّا صَبَرُواْ‌ۖ وَڪَانُواْ بِـَٔايَـٰتِنَا يُوقِنُونَ

"Dan Kami jadikan di antara mereka, pemimpin-pemimpin yang membimbing dengan Urusan Kami, ketika mereka sabar dan keadaan mereka itu meyakini ayat-ayat Kami". (As Sajdah : 24)

Terhadap kelompok (Ummat) yang telah eksis menggelar urusan Allah dan mengharap keridhoannya itulah, secara bertahap Allah membuka wawasan dan hati mereka, membukakan akses terhadap jalan-jalan keselamatan (“Subulus Salam”), berupa syari’at dan manhaj, yakni rambu-rambu kendali dan pedoman arah (haluan) yang harus ditempuh dalam mengembangkan aktivitas pengabdian kepada Allah.

قَدۡ جَآءَڪُم مِّنَ ٱللَّهِ نُورٌ۬ وَڪِتَـٰبٌ۬ مُّبِينٌ۬ (١٥) يَهۡدِى بِهِ ٱللَّهُ مَنِ ٱتَّبَعَ رِضۡوَٲنَهُ ۥ سُبُلَ ٱلسَّلَـٰمِ وَيُخۡرِجُهُم مِّنَ ٱلظُّلُمَـٰتِ إِلَى ٱلنُّورِ بِإِذۡنِهِۦ وَيَهۡدِيهِمۡ إِلَىٰ صِرَٲطٍ۬ مُّسۡتَقِيمٍ۬ ...

"...Sungguh telah datang kepadamu cahaya dari Allah dan Kitab yang menjelaskan. Dengan itulah Allah menunjuki orang-orang yang mengikuti keridhoan-Nya kepada jalan-jalan keselamatan serta mengeluarkan mereka dari kegelapan kepada cahaya terang, dan dengan itu pula Allah menunjuki mereka kepada Jalan Yang Lurus". (Al Ma`idah : 15-16)

Syari’at dan Manhaj (yang hanya akan dibukakan Allah tahap demi tahap bagi suatu ummat yang telah eksis di jalan-Nya) itulah yang merupakan panduan dan pedoman orang-orang Mukmin dalam mengembangkan aktivitas hidupnya di muka bumi.

Setiap ummat yang pernah muncul dan eksis di muka bumi dalam perjalanan sejarah ini, masing-masing memiliki (diberi Allah) syaria`at dan manhaj yang satu sama lain mungkin berbeda, atau paling tidak, tidak mesti sama. Namun pada dasarnya semuanya bergerak dan berkembang diatas landasan yang tunggal, sebuah amanah/risalah (missi) samawi yang suci dan agung, yakni amanah yang diembankan kepada manusia sebagai Khalifah Allah di bumi.

Dalam rangka menjalankan missi yang satu ini, para pengemban Risalah dari zaman ke zaman dihadapkan kepada tantangan dan ujian yang amat beragam dan bervariasi, dan menuntut mereka untuk senantiasa mengingat dan mencermati ayat-ayat Allah, kemudian membentang jalan (manhaj) yang akan dijalani, dipandu dengan rambu-rambu syari’at untuk tidak melenceng sedikitpun dari missi Khilafah yang universal itu.

Amanah Allah ini ibarat sebuah missi perjalanan menuju ke satu arah tertentu (bukan suatu tempat) dimana setiap titik yang dilalui pada jalan yang benar, yang tepat mengarah kepada tujuan yang hendak dicapai, disitulah rahmat dan madhotillah. Adapun alat (sarana) yang digunakan untuk menempuh Jalan Allah Yang Lurus itu adalah berupa lembaga Allah (Mulkillah) di bumi yang haq dan sah (legitimate), dimana program /Amanah Allah diimplementasikan dan digelar, dijalankan dengan kerja keras (jihad), dengan sepenuh kekuatan dan kemampuan yang dimiliki.
Name

Dakwah Ilallah,12,Jalan Keselamatan,7,Jurnal Roqim,1,Kajian Lepas,42,Manhaj Risalah,12,
ltr
item
Ini Islam: Ketika Datang Petunjuk Allah Dan Diikuti
Ketika Datang Petunjuk Allah Dan Diikuti
https://1.bp.blogspot.com/-EFeWfdVengI/WNDyUyM7PHI/AAAAAAAAAKE/RzWw69Um77wztC-PiI3-f9FFfDvVkR_CACLcB/s640/ketika-datang-petunjuk-allah-dan-diikuti.png
https://1.bp.blogspot.com/-EFeWfdVengI/WNDyUyM7PHI/AAAAAAAAAKE/RzWw69Um77wztC-PiI3-f9FFfDvVkR_CACLcB/s72-c/ketika-datang-petunjuk-allah-dan-diikuti.png
Ini Islam
http://www.iniislam.net/2017/01/ketika-datang-petunjuk-allah-dan-diikuti.html
http://www.iniislam.net/
http://www.iniislam.net/
http://www.iniislam.net/2017/01/ketika-datang-petunjuk-allah-dan-diikuti.html
true
7017169815549685310
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy