Telusur Jalan Lurus

SHARE:

Setiap Mukmin menyadari bahwa pada dasarnya yang harus berhasil diraih dalam hidup ini adalah mardhotillah (keridhoan Allah). Itula...

telusur-jalan-lurus

Setiap Mukmin menyadari bahwa pada dasarnya yang harus berhasil diraih dalam hidup ini adalah mardhotillah (keridhoan Allah). Itulah tujuan hidup setiap Mukmin yang harus berhasil dicapai. Satu-satunya akses untuk meraih keselamatan dan kebahagiaan abadi di Hari Akhir nanti.

Pada umumnya, segala sesuatu yang menjadi tujuan dari suatu usaha atau perjalanan, mesti terformulasikan secara jelas. Apakah itu? Bagaimana ciri-ciri atau gambarannya? Dimanakah terdapatnya apa yang dituju itu? Dan sebagainya.

Mesti diingat bahwa perjalanan hidup ini adalah perjalanan menempuh atau mengikuti waktu dari hari ke hari sampai tibanya ajal kematian. Dengan demikian yang dimaksud dengan tujuan hidup ini adalah sesuatu yang ingin diraih di hari-hari yang akan datang, yaitu suatu kondisi tertentu dari kehidupan yang dijalani dan dibangun.

Setiap orang bisa saja merumuskan dan merencanakan suatu kondisi atau tahapan-tahapan kehidupan yang ingin dicapainya pada hari-hari depannya sebagai cita-cita. Namun dia tidak akan dapat menentukan tahapan yang mana yang akan berhasil diraihnya, mengingat bahwa hari esok adalah hal yang gaib. Dan tak seorangpun yang bisa merencanakan berapa lama waktu atau usia hidup yang akan sempat ia jalani.

Oleh sebab itu, petunjuk Allah bagi manusia untuk dapat meraih keridhoannya, bukan berupa formulasi atau target-target kehidupan yang harus dicapai atau diwujudkan, melainkan berupa JALAN YANG HARUS DITEMPUH, suatu jalan lurus selurus-lurusnya yang disebut ”Shirotol Mustaqiem”. Carilah jalan tersebut, kemudian tempuhlah dengan sepenuh istitho’ah dan istiqomah. Sampai di titik mana dari perjalanan waktu ini yang bisa kita capai, itu adalah urusan dan rahasia Allah. Tapi yakinlah, jika memang kita berjalan dan menemui ajal kematian di Jalan Yang Lurus yang benar sesuai petunjuk Allah, pastilah Ridho Allah itu tercapai. Tidak peduli kondisi kehidupan yang bagaimana yang berhasil diraih dan diwujudkan.

Allah menunjukkan kepada kita jalan lurus Shirothol Mustaqim itu berupa perjalanan risalah yang telah ditempuh para Nabi dan Rosul bersama para pengikutnya di masa lalu, yang sambung menyambung dari zaman ke zaman.

Estafet risalah para Nabi tersebut tidak selalu bersambung langsung, dalam arti setiap berlalu seorang Rosul, langsung dilanjutkan Rosul lainnya. Kadang terjadi fatroturrisalah (kevakuman risalah) berabad-abad. Namun walau demikian perjalanan para Rosul tersebut satu sama lain tetap berada pada satu garis lurus yang tidak pernah melenceng sedikitpun.

Oleh sebab itu, di zaman manapun yang muncul kembali harokah Risalah, mereka harus membentang manhaj harokahnya itu berupa perpanjangan garis lurus dari garis perjalanan para Rosul yang telah Allah kisahkan dalam Al Quran.
Name

Dakwah Ilallah,12,Jalan Keselamatan,7,Jurnal Roqim,1,Kajian Lepas,42,Manhaj Risalah,12,
ltr
item
Ini Islam: Telusur Jalan Lurus
Telusur Jalan Lurus
https://3.bp.blogspot.com/-EkAFvmtHd3Y/WNFShitWC8I/AAAAAAAAAME/tFBs-6uzv9si7aN5IEcuLcE6E7fkkd79gCLcB/s640/telusur-jalan-lurus.png
https://3.bp.blogspot.com/-EkAFvmtHd3Y/WNFShitWC8I/AAAAAAAAAME/tFBs-6uzv9si7aN5IEcuLcE6E7fkkd79gCLcB/s72-c/telusur-jalan-lurus.png
Ini Islam
http://www.iniislam.net/2017/01/telusur-jalan-lurus.html
http://www.iniislam.net/
http://www.iniislam.net/
http://www.iniislam.net/2017/01/telusur-jalan-lurus.html
true
7017169815549685310
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy